Pengorganisasian
Pengorganisasian
adalah proses membagi kerja ke dalam komponen-komponen yang dapat dikelola dan
mengkoordinasikan hasil-hasil agar tercapai tujuan-tujuan. Pengorganisasian ini
bermanfaat, karena jelas siapa menjalankan apa, siapa bertanggung jawab atas
siapa, arus komunikasi dan memfokuskan sumberdaya pada tujuan.
STRUKTUR
ORGANISASI
Struktur adalah
pola hubungan komponen atau bagian suatu organisasi. Struktur merupakan sitem
formal hubungan kerja yang membagi dan mengkoordinsikan tugas orang dan
kelompok orang agar tujuan tercapai.
Struktur
dibedakan dari proses. Struktur merupakan susunan subsistem dan komponen dalam ruang tiga dimensi pada suatu
waktu, sedang proses adalah perubahan dinamis
dalam bahan, energi atau informasi dari sistem tersebut menurut waktu.
Struktur itu
sifatnya relatif stabil, statis, berubah lambat atau memerlukan waktu untuk penyesuaian-penyesuaian,
sedang proses berubah cepat dan dinamis.
Struktur
merupakan komponen organisasi di samping fungsi dan hubungan, sedang proses
merupakan sesuatu yang dinamis yang terjadi di dalam organisasi seperti pendelegasian,
pengarahan, pengkoordinasian, komunikasi, motivasi, proses mempengaruhi,
kepemimpinan, rasa tak puas, konflik dan lain-lain.
Seperti
diketahui organisasi adalah wadah kegiatan (perencanaan: tujuan, strategi, kebijaksanaan
dan program). Di dalam organisasi maka struktur yang dikenal dapat bersifat
formal maupun informal. Struktur formal tergambar dalam peta organisasi yang menunjukkan
posisi kerja, jenis kerja yang dilakukan, hubungan atasan dan bawahan, kelompok
atau komponen sub bagian, tingkat manajemen dan saluran komunikasi. Struktur informal
adalah organisasi bayangan, struktur di belakang struktur, suatu struktur tak
resmi berdampingan dengan struktur formal.
Stoner dan Wankell (1986: 243) membatasi bahwa struktur organisasi adalah susunan dan hubungan antarbagian komponen dan posisi dalam suatu perkumpulan.
PENGORGANISASIAN SEBAGAI FUNGSI MANAJEMEN
Struktur formal
dan informal
Pada dasarnya,
terdapat dua tipe dasar dari struktur yang ada dalam system manajemen yaitu:
- Struktur formal
Struktur
formal didefinisikan sebagai hubungan diantara sumber daya-sumber daya
organisasional. Struktur formal terutama disajikan dengan bagan organisasi.
- Struktur Informal
Struktur
informal didefinisikan sebagai pola hubungan yang berkembang karena keberadaan
anggota organisasi informal. Struktur informal berevolusi secara alami dan
cenderung didasari oleh norma, nilai, dan/atau social dari individu. Struktur informal
hidup bersama dengan struktur formal tetapi tidak berarti identik dengannya.
Djatmiko, Y. H. 2008.
Perilaku Organisasi. Alfabeta:Bandung .
Siswanto.2005. Pengantar Manajemen.Bumi Aksara: Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar