Rabu, 09 Oktober 2013

Apa itu Kepemimpinan?

Kepemimpinan telah di definisikan atas dasar bakat, sifat, perilaku, pengaruh terhadap orang lain, pola interaksi, peran, jabatan, posisi, dan persepsi orang lain mengenai keabsahan kepemimpinan itu sendiri.
Beberapa contoh definisi kepemimpinan adalah sebagai berikut
  • Kepemimpinan adalah perilaku seorang individu ketika ia mengarahkan aktivitas sebuah kelompok menuju suatu tujuan bersama (Hemphill & Coons, 1957:7).
  • Kepemimpinan adalah suatu jenis hubungan kekuasaan yang ditandai oleh persepsi anggota kelompok bahwa anggota kelompok yang lain mempunyai hak untuk merumuskan pola perilaku dari anggota yang pertama dalm hubungannya dengan kegiatannya sebagi anggota kelompok (Janda, 1960: 358).
  • Kepemimpinan adalah pengaruh antarpribadi yang dilaksanakan dan diarahkan melalui proses komunikasi, kearah pencapaian tujuan atau tujuan-tujuan tertentu (Tannenbaum, Weschler & Massarik, 1961:24).
  •        Kepemimpinan adalah interaksi antarmanusia dimana salah satunya menyajikan suatu jenis informasi tertentu sedemikian rupa sehingga yang lain yakin bahwa hasilnya akan lebih baik jika ia berprilaku sesuai dengan cara-cara yang dianjurkan atau diharapkan (Jacobs,1970: 232)
    ·   Kepemimpinan adalah Pengawalan dan pemeliharaan suatu struktur dalam harapan dan interaksi (Stogdill,1974:411).

    Jadi kepemimpinan adalah suatu proses, perilaku atau hubungan yang menyebabkan suatu kelompok
    dapat bertindak secara bersama-sama atau secara bekerja sama atau sesuai dengan aturan atau sesuai
    dengan tujuan bersama.

    Sumber :
    Sarwono, S. Psikologi Sosial : Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan Cetakan 3. 2005.
    Jakarta: Balai Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar