Jumat, 18 Oktober 2013

MANFAAT PERENCANAAN

Sebagai langkah awal dari suatu kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan, perencanaan memiliki manfaat-manfaat sebagai berikut:
1)    Perencanaan dapat membuat pelaksanaan tugas menjadi tepat dan kegiatan tiap unit akan terorganisasi menuju arah yang sama.
2)    Perencanaan yang disusun berdasarkan penelitian yang akurat akan menghindarkan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi.
3)    Perencanaan memuat standar-standar atau batas-batas tindakan dan biaya sehingga memudahkan pelaksanaan pengawasan
4)    Perencanaan dapat digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan, sehingga aparat pelaksana memiliki irama atau gerak dan pandangan yang sama untuk mencapai tujuan perusahaan.
Berikut juga manfaat dari perencanaan itu sendiri adalah:
1. Standar pelaksanaan dan pengawasan
2. Pemilihan berbagai alternative terbaik
3. Penyusunan skala prioritas, baik sasaran maupun kegiatan
4. Menghemat pemanfaatan sumber daya organisasi
5. Membantu manajer menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan
6. Alat memudahkan dalam berkoordinasi dengan pihak terkait, dan,
7. Alat meminimalkan pekerjaan yang tidak pasti.
Perencanaan mempunyai banyak manfaat. Sebagai contoh perencanaan (1) membantu pengelola organisasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan; (2) membantu kristalisasi penyesuaian pada masalah-masalah utama; (3) memungkinkan pengelola organisasi memahami keseluruhan gambaran operasi secara lebih jelas; (4) membantu penempatan tanggung jawab akan lebih tepat; (5) menyediakan cara pemberian perintah untuk beroperasi; (6) memudahkan dalam melakukan koordinasi di antara berbagai bagian organisasi; (7) membuat tujuan lebih khusus, terperinci, dan lebih mudah dipahami; (8) meminimumkan pekerjaan yang tidak pasti; dan (9) menghemat waktu, usaha, dan dana.


Sumber:
Alam,S.2007. Ekonomi.Erlangga

Bastian, Indra.2007.Akuntansi untuk LSM dan Partai Politik.Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar