Proses penyusunan rencana
melibatkan pemikiran ke depan berkaitan dengan apa yang akan diperbuat dengan
sumber daya yang tersedia. Dalam menyusun perencanaan yang baik, seorang
manajer akan memperhitungkan berbagai pertimbangan berkaitan dengan
pengembangan organisasi yang dikelolanya seperti berikut:
1. Menganalisis
dan melakukan prediksi untuk masa yang akan datang.
2. Menetapkan
sasaran jangka panjang dengan menentukan sasaran yang ingin dicapai dan
menetapkan hasil yang menjadi target dan tujuan akhir.
3. Menentukan
berbagai kebijakan berkaitan dengan metode kerja yang akan diterapkan.
4. Menyusun
jadwal / program yang harus dilakukan dalam rangka pengembangan organisasi.
5. Melakukan
evaluasi anggaran keuangan, dengan menetapkan sumber-sumber keuangan dan
mengalokasikan pos-pos pengeluaran yang akan digunakan dalam kegiatan
pelaksanaan rencana.
Dengan menyusun perencanaan dalam
sebuah organisasi diharapkan setiap bentuk kegiatan akan lebih terfokus pada
sasaran yang telah ditetapkan, kinerja lebih efektif, memotivasi pegawai untuk
lebih giat dan berprestasi, memudahkan pengawasan, serta memudahkan manajer
dalam pengambilan keputusan.
Sumber :
Supar,M. 2007. Ekonomi 3. Jakarta: Yudhistira Quadra.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar